Medan, 21 Agustus 2023. PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah merilis layanan kartu SIM elektronik atau e-SIM beberapa bulan lalu. Dengan menggunakan e-SIM, pelanggan tidak harus membeli kartu SIM fisik di toko. Untuk mempermudah pelanggan yang ingin menggunakan layanan e-SIM, seluruh XL Center di Sumatera dapat melayani pergantian kartu fisik menjadi e-SIM.
Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi mengatakan,”XL Axiata telah menyediakan layanan e-SIM, sehingga pelanggan tidak perlu menggunakan kartu fisik di smartphonenya. Layanan e-SIM juga bisa menyimpan nomor telepon, mengaktifkan paket internet, SMS, dan melakukan panggilan telepon menggunakan pulsa mengakses jaringan telepon tanpa menggunakan kartu SIM fisik. Sebelumnya harus dipastikan, bahwa smartphone sudah mendukung teknologi e-SIM dan IMEI resmi.”
Keuntungan menggunakan e-SIM di antaranya, proses pembelian cepat dan instan, artinya pelanggan tidak perlu datang ke toko dan tidak ada proses pengiriman kartu fisik. Dapat bonus kuota loyalty lebih besar dan panjang selama 1 tahun. Khusus Prabayar, bagi pengguna iPhone, sekarang jadi bisa menggunakan 2 nomor sekaligus, 1 kartu fisik dan 1 lagi e-SIM.
Sementara ini, hanya smartphone resmi dengan tipe tertentu yang sudah bisa menggunakan e-SIM, antara lain adalah iPhone, Samsung, Huawei dan lainnya. Untuk mengetahui lebih jelas tipe smartphone yang bisa menggunakan e-SIM, pelanggan dapat mengetahuinya melalui www.xl.co.id/esim.
Cara mendaftar dan mengaktifkan e-SIM
Berikut cara melakukan pendaftaran dan mengaktifkan e-SIM ke dalam smartphone:
XL Center Baru di Medan
Untuk mempermudah pelanggan di Medan dan Sumatera Utara secara umum, XL Axiata membuka XL Center baru kedua di Medan. Persisnya, pusat layanan pelanggan ini hadir di Plaza Medan Fair, lantai 4. Jam operasional, mulai pukul 11.00 hingga 20.00 WIB.
"Mempertimbangkan tingginya kebutuhan pelanggan di Medan dan sekitarnya, kami membuka XL Center baru di Plaza Medan Fair, Medan. Lokasi ini sangat dikenal oleh masyarakat luas dan mudah ditemukan. Di fasilitas ini, pelanggan bisa mendapatkan beragam pelayanan terkait kebutuhan atas layanan XL Axiata, baik untuk pembelian produk, solusi atas kendala atau keluhan yang terjadi, hingga informasi terkait lainnya,” ujar Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi.
Di seluruh Sumatera, total ada 17 XL Center yang tersebar di Banda Aceh, Medan, Pematang Siantar, Batam, Bintan, Pekanbaru, Dumai, Padang, Bukittinggi, Jambi, Bengkulu, Palembang, Pangkalpinang, Tanjung Pandan, dan Bandar Lampung.