Jakarta, 6 Agustus 2022. PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berhasil meraih beberapa penghargaan atas aktivitas bisnis dan sosial yang dijalankan dalam periode setahun terakhir. Penghargaan dari masyarakat tersebut terkait program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), prestasi pimpinan perusahaan, popularitas perusahaan dalam berita media, hingga kinerja tim komunikasi. Penghargaan-penghargaan tersebut diterima di sepanjang Juni hingga Agustus 2022.
Chief of Corporate Affairs XL Axiata, Marwan O. Baasir, mengatakan, "Alhamdulilah, XL Axiata berhasil meraih berbagai penghargaan beberapa bulan terakhir ini. Tentu saja penghargaan ini akan lebih memacu kami untuk terus bekerja keras lagi. Karena itu pula, kami juga akan terus meningkatkan kualitas layanan, baik dalam menyediakan infrastruktur jaringan yang unggul, layanan-layanan yang inovatif guna menjawab kebutuhan semua segmen pelanggan dan juga aksi sosial. Tak hanya itu, dengan penghargaan ini kami juga berharap bisa lebih baik lagi dalam menjalin hubungan yang lebih erat dengan teman-teman media.”
Penghargaan yang XL Axiata raih tersebut adalah:
Penghargaan dari HUMAS INDONESIA, bagian dari PR INDONESIA Group yang diberikan kepada Dian Siswarini dalam acara The 1 st Indonesia DEI & ESG Awards (IDEAS) 2022 merupakan sebuah event kompetisi nasional bagi praktisi humas/public relations (PR) baik lembaga pemerintah maupun korporasi dalam mengomunikasikan kinerja kelembagaan di bidang diversity, equality, inclusion (DEI) dan environmental, social, governance (ESG), Pariwisata, Budaya, Koperasi dan UMKM. Berdasarkan monitoring dan analisis kualitatif yang HUMAS INDONESIA bersama KAZEE lakukan, menetapkan Presiden Direktur & CEO PT XL Axiata Tbk, Dian Siswarini, sebagai Pemenang Pemimpin Terpopuler di Media On-line 2021 Kategori Swasta Nasional & Multinasional Tbk.
Kemudian dalam ajang PR of The Year 2022, Dian Siswarini juga menerima Penghargaan Lifetime Achievement Award-Journalist Choice yang dilihat berdasarkan penilaian para jurnalis atas kiprah dan kontribusi beliau dalam memajukan industri Telekomunikasi di tanah air selama ini. Sementara itu, penghargaan Corporate Communications Team of The Year-Journalist Choice dinilai berdasarkan pengamatan para jurnalis media-media nasional terhadap kinerja tim Corporate Communications XL Axiata. Salah satunya kemudahan akses dalam memperoleh informasi, kecepatan dalam memberikan respons terhadap kebutuhan awak media, serta interaksi yang harmonis antara kedua belah pihak. Penyelenggara ajang ini adalah Majalah MIX Marketing & Communication (SWA Group).
Adapun PR Persons Award 2022 yang digelar oleh The Iconomics memberikan penghargaan kepada pelaku PR, kehumasan, dan komunikasi korporat berdasarkan pilihan redaksi dan team reset Iconomics, dengan melibatkan pengamat kehumasan dan media lain dengan kriteria; Exposure, Influence, dan Creativity. The Iconomics memberikan penghargaan kepada Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih, kategori Indonesian Most Prominent PR Persons.
Sementara itu, penerima penghargaan Selular Award 2022 adalah mereka yang berkontribusi besar untuk pembangunan di Indonesia khususnya di bidang telekomunikasi dan teknologi. Penilaian pemenang juga berdasarkan pemungutan suara atau polling yang melibatkan seribuan pemilih di laman Selular.ID serta penjurian berdasarkan kinerja selama setahun terakhir. Acara penganugerahan Selular Award 2022, diawali dengan diskusi panel dengan tema “Winning in Digital Ecosystem” yang menampikan beberapa narasumber dari berbagai operator, termasuk dari XL Axiata yang diwakili oleh Marwan O Baasir, Chief Corporate Affairs.
Kemudian, XL Axiata juga menerima penghargaan di ajang Korporasi Terpopuler di Media Arus Utama 2022 merupakan sebuah penghargaan yang diberikan kepada korporasi yang berhasil membangun dan menjaga hubungan baik dengan media pers, yang diukur berdasarkan luas jangkauan korporasi tersebut di media arus utama sepanjang Mei 2021 – Mei 2022. Jangkauan tersebut meliputi menyebut, menampilkan, atau mendiskusikan tentang suatu brand/korporasi di media digital media arus utama. Penyelenggara ajang ini adalah Serikat Perusahaan Pers (SPS) bekerja sama dengan Kazee Digital Indonesia.
Sedangkan Bisra 2022 mengambil tema Social Responsibility To Accelerate Stronger Recovery yang diikuti oleh 118 perusahaan dari berbagai lini bisnis. Bisra merupakan penghargaan tahunan yang diselenggarakan oleh koran Bisnis Indonesia, diberikan kepada perusahaan atau organisasi bisnis yang telah berkontribusi signifikan bagi kemajuan masyarakat, komunitas rentan, serta kelestarian lingkungan hidup di Indonesia.