Untuk kedua kalinya kita harus merayakan Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran dalam suasana penuh keprihatinan karena pandemi Covid-19. Kembali kita harus merayakannya tanpa berkunjung ke sanak-saudara. Bahkan, tidak sedikit yang harus terpisah dengan keluarga dan orang tua. Tidak ada pula acara bereuni dengan teman-teman sekolah dan sepermainan. Berbagai masakan dan kue lebaran musti kita nikmati sendiri di rumah. Meskipun begitu, saya mengajak kita semua untuk tetap mensyukuri nikmat yang Allah SWT berikan kepada kita. Kita musti bersyukur karena mampu menyelesaikan ibadah puasa Ramadan dengan lancar. Bahkan hingga saat ini, detik ini, kita masih mendapatkan karunia dari-Nya berupa kesehatan dan kekuatan di tengah pandemi yang terus membayangi ke mana pun kita melangkah. Saya percaya, di balik kesulitan apa pun, selalu ada hikmah yang bisa kita ambil. Untuk itu kita harus selalu berpikir positif agar pandemi tidak menjadi penghalang untuk bisa tetap berkarya dan produktif. Agar kita tetap bisa melakukan hal-hal baik bagi diri kita, keluarga, dan komunitas, bahkan mengambil peran membantu negara dalam mengatasi pandemi. Kita bisa memaknai situasi dan kondisi pandemi ini sebagai tantangan yang menguji perjuangan kita dalam meraih segala nilai kebaikan dan kesuksesan. Situasi pandemi juga janganlah menjadi penghalang bagi kita untuk terus bisa melakukan silaturahmi dengan sanak saudara, teman, tetangga dan kerabat lainnya dengan memanfaatkan teknologi telekomunikasi – video call dan video conference. Jauh-jauh hari kami sudah menyiapkan secara cermat jaringan telekomunikasi dan data untuk mendukung kenyamanan masyarakat selama Lebaran ini. Persiapan tersebut meliputi antara lain meningkatkan kapasitas hingga 2x dari kondisi hari normal, optimisasi di area pemukiman serta lokasi tujuan wisata dan sebagainya. Meskipun ada larangan mudik, trafik layanan diperkirakan tetap akan mengalami peningkatan seperti Lebaran tahun lalu. Kami memperkirakan trafik akan meningkat sekitar 20% di layanan data, yang karena meningkatnya penggunaan layanan streaming video/musik, instant messenger, gim, dan media sosial. Manajemen XL Axiata juga terus berupaya keras menjaga kesehatan dan keamanan setiap karyawan dan pelanggan. Tidak hanya sebatas dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, menyelenggarakan tes bebas Covid-19, vaksinasi, atau penyemprotan setiap ruangan di kantor dan konter layanan, namun juga mendorong produktifitas karyawan melalui berbagai program kerja. Penting bagi kami untuk tetap menjaga spirit kerja, agar perusahaan bisa menemukan solusi-solusi terbaik dalam menghadapi tantangan yang ada, juga agar layanan kepada pelanggan tetap prima. Akhir kata, mewakili manajemen dan karyawan XL Axiata, saya ucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Mohon maaf lahir dan batin. Semoga Allah SWT selalu melindungi kita bersama. #BersamaJadiLebihBaik. Amin. Dian Siswarini Presiden Direktur & CEO PT XL Axiata Tbk