JAKARTA, 27 FEBRUARI 2025 – Menyambut bulan suci Ramadan 2025, XL Axiata siap memberikan pengalaman digital terbaik bagi pelanggan dengan berbagai inovasi dan peningkatan jaringan yang signifikan. Dengan mengangkat tema Ramadan Bulan Ramah, XL Axiata sudah mempersiapkan seluruh layanannya mulai dari jaringan, beragam promo paket internet hingga pelayanan pelanggan yang selalu siap melayani pelanggan setiap saat.
Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan,”Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan, terutama pelanggan Muslim, XL Axiata secara rutin setiap tahun di bulan Ramadan selalu berupaya penuh untuk memperkuat jaringan dan menghadirkan paket-paket promo yang spesial. Program ini kemudian akan berlanjut selama libur panjang Lebaran, sehingga semakin luas pelanggan dan masyarakat yang akan bisa memanfaatkannya.”
Menurut Gede, bagi XL Axiata, momentum Ramadan dan Lebaran memang sangat ditunggu-tunggu karena merupakan salah satu pengungkit utama bisnis telko. Trafik XL Axiata saat Ramadan dan selama libur panjang Lebaran diperkirakan bisa melonjak sekitar 15% - 20%. Hal ini merupakan berkah sekaligus tantangan, karena berarti XL Axiata harus mampu menjaga kualitas jaringan di sepanjang periode khusus tersebut.
Untuk menghadapi lonjalan trafik dan memastikan bahwa kenyamanan pelanggan tetap terjaga selama menjalani ibadah puasa hingga Lebaran, XL Axiata telah melakukan sejumlah langkah strategis untuk memastikan jaringan tetap optimal. Beberapa kesiapan utama yang sudah dilakukan meliputi penambahan kapasitas di lebih dari 2.000 BTS dan penempatan 120 MBTS untuk mendukung kebutuhan selama Ramadan dan Lebaran.
Selain itu, XL Axiata juga telah melakukan peningkatan kapasitas kapasitas core sebesar 20% dan peningkatan kapasitas RAN untuk lebih dari 2.000 Sites. Dengan rata-rata utilisasi kapasitas saat ini sebesar 60% XL Axiata memprediksi utilisasi selama Ramadan dan Lebaran akan mencapai sekitar 78%
Untuk memastikan kesiapan jaringan menjelang periode Ramadan hingga Lebaran, XL Axiata juga telah menerapkan beberapa inovasi dan teknologi canggih termasuk di antaranya berupa uji jaringan menggunakan metode tanpa pengemudi untuk mengidentifikasi area-area yang perlu di optimalisasi. Selain itu juga telah disiapkan sistem peringatan otomatis untuk memonitor penurunan pengalaman layanan dan menyeimbangkan kapasitas saat terjadi lonjakan trafik.
Sejumlah langkah mengkondisikan jaringan sudah dilakukan oleh tim jaringan XL Axiata dengan menyesuaikan pada trend penggunaan jenis-jenis layanan, terutama layanan data, tradisi mudik dan pergerakan pelanggan selama liburan panjang Lebaran. Tersedianya infrastruktur jalan tol baru di beberapa daerah yang akan bisa dimanfaatkan masyarakat selama libur Lebaran, juga menjadi perhatian XL Axiata.
XL Axiata juga telah menyiagakan sumber daya yang memadai, baik berupa tim teknis yang siaga dan akan memantau kondisi jaringan selama 24 jam, 7 hari sepekan, serta tim lapangan yang siap bergerak setiap saat jika diperlukan. Dari kantor pusat XL Axiata juga dilakukan pemantauan kondisi jaringan di seluruh wilayah operasi melalui fasilitas pusat monitoring Customer Experience & Service Operation Center (CESOC).
Saat ini XL Axiata memiliki pelanggan sebanyak lebih dari 58,8 juta pelanggan, dan diperkuat dengan lebih dari 165 ribu BTS, dengan mayoritas BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 190 ribu km, menopang jaringan data yang tersebar di sebagian besar kepulauan Indonesia yang sangat luas. Tingkat keterhubungan dengan jaringan fiber optik (fiberized) mencapai 63%. XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data dan sebagai persiapan implementasi 5G di masa mendatang .
Selain itu XL Axiata juga terus berupaya mendorong dan memperkuat bisnis layanan FMC. Saat ini, XL Axiata telah memperluas cakupan jaringan layanan FMC di 127 kota/kabupaten, dengan total homes passed mencapai lebih dari 6 juta.
==============================================
Penawaran Promo Spesial Ramadan
Selain mempersiapkan dari sisi jaringan dan layanan pelanggan, XL Axiata juga mempersiapkan beragam promo menarik khusus untuk pelanggan AXIS, XL Prabayar, XL PRIORITAS, XL Satu, dan XL Axiata Business Solution. Beragam promo ini bisa didapatkan mulai 27 Februari hingga 15 April 2025 melalui aplikasi myXL, AXISNet.
Promo AXIS
Dalam rangka menyemarakkan bulan Ramadan, AXIS meluncurkan promo menarik. Melalui promo ini, pelanggan AXIS dapat menikmati paket khusus yang bisa di beli melalui aplikasi AXISNET. Bagi AXIS, momentum Ramadan menjadi waktu yang tepat untuk meningkatkan kualitas layanan sekaligus memberikan dukungan bagi pelanggan untuk memanfaatkan sarana digital untuk kebutuhan ibadah.
Berikut promo ramadan yang bisa dinikmati pelanggan AXIS:
THR AXIS sendiri berisi:
Pelanggan yang membeli paket di tab THR AXIS dengan Gopay, bisa mendapatkan cashback Gopay hingga 50%. Temukan juga special product Boostr Ngabuburit, Rahmat, dan Dhuha di Hanya Untukmu bagi pelanggan terpilih!
Penawaran menarik ini mulai bisa didapatkan oleh pelanggan AXIS selama periode 28 Februari - 9 April 2025.
Promo XL Prabayar
Dalam menyambut dan meramaikan Ramadan tahun ini, XL hadir dengan berbagai penawaran spesial melalui program promo Ramadan Deals di Aplikasi myXL. Dalam program ini, XL menawarkan paket kuota hemat, paket kuota streaming buat menemani ngabuburit, sampai paket kuota spesial untuk Umroh. Semuanya, spesial di Bulan Ramadan.
Penawaran spesial ini bisa dinikmati semua pengguna XL selama periode 1 Maret 2025 sampai dengan 2 April 2025.
Dapatkan potongan dan cashback, khusus dengan menggunakan ShopeePay, SpayLater dan GoPay di Aplikasi myXL.
Promo XL Axiata Business Solutions
1. Program Promo Ramadan untuk Pelanggan Korporasi: Periode Promo: 1-31 Maret 2025
Diskon berlaku untuk aktivasi baru selama 3 bulan ke depan dengan kontrak selama 1 tahun.
2. Program Promo Ramadan untuk Driver Gojek: Periode Program: 3-23 Maret 2025
Dapatkan bonus Ekstra Kuota hingga 10GB untuk Driver Gojek yang melakukan pembelian paket Gojek Swadaya selama periode program.
3. Program Promo Ramadan untuk Pelanggan XL SATU BIZ: Periode Promo: 1-31 Maret 2025
Dapatkan gratis berlangganan 4 bulan untuk setiap aktivasi baru selama 12 bulan.
Promo XL SATU
XL SATU, layanan konvergensi broadband pertama di Indonesia dari XL Axiata, menghadirkan Promo Ramadan dengan Ikhlas (Internet Kencang, Hemat, Lancar, dan Stabil).
Promo untuk pelanggan baru hemat 25% dengan penawaran berikut:
Bayar 9 bulan di muka untuk menikmati layanan 12 bulan.
Bonus speed booster selama 12 bulan.
Bebas biaya instalasi.
XL SATU VALUE menawarkan paket berlangganan seharga Rp 2.061.000 untuk 12 bulan (setara Rp 172 ribu/bulan, dari harga normal Rp 229 ribu/bulan) dengan layanan WiFi rumah hingga 50 Mbps, kuota HP 10 GB untuk seluruh anggota keluarga.
Pilihan paket lain, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, dapat dicek di satu.xl.co.id.
Periode promo Ramadan dengan Ikhlas 27 Februari - 15 April 2025, di seluruh kota dengan layanan XL SATU. Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi CS XL SATU di 820 (XL) atau 08170123442 (semua operator).
Promo XL PRIORITAS